Senin, 30 Januari 2012

CARA TERNAK AYAM POTONG

CARA TERNAK AYAM POTONG
Beternak ayam pedaging, biasa disebut juga dengan ayam broiler atau juga ayam potong; apakah menguntungkan ?
Tentu saja menguntungkan. Kalo tidak menguntungkan ya mana ada yang mau menjalankan budidaya ayam pedaging. Nyatanya di desaku saja, dalam radius dua kilometer dari rumah tempat tinggalku terhitung ada 9 ( sembilan ) rumah kandang ayam pedaging. Mulai dari yang jumlahnya 2000 sampai yang lebih dari 10.000 populasi.
Bahkan sekarang ada lagi dalam tahap pembangunan kandang untuk muatan 2000 populasi ayam pedaging.
Perkembangan yang luar biasa pesatnya di desa saya.
Namun memang seperti pernah ada yang bilang, rata2 peternak ayam pedaging sebelumnya memang sudah berlatar belakang ekonomi kuat atau golongan orang mampu. Itu hanya sepenggal penglihatan yang terjadi di desa kami.
Kalau sebelumnya tidak tergolong orang mampu, ya mana bisa, sedangkan untuk piara 2000 ekor ayam pedaging saja ada yang habis 50jt bahkan 60jt biaya pembangunan rumah kandang ternak ayam pedaging siap pakai ?
Dari sedikit tahu mengenai permodalan beternak ayam pedaging yang bagi saya jelas modal yang “wah” dan di luar jangkauan. Akhirnya saya ingin tau lebih lanjut sampai seberapa keuntungannya dan BEP budidaya ayam pedaging / broiler yang membutuhkan modal demikian besarnya.
Sampai pada saatnya saya mendapat kesempatan ngobrol2 dengan pemilik budidaya ayam pedaging dengan populasi 6000 ekor. Sebelumnya terima kasih untuk beliau.
Kesempatan bincang2 itu saya dapat ketika saya ingin tau dan ingin melihat bentuk dan cara kerja pemanas gasolet. Rencananya waktu itu saya ingin pembesaran DOQ bibit puyuh petelur dengan pemanas gasolet.
Setelah selesai melihat lengkap alat gasolet, kemudian saya dan bapak pemilik ternak ayam duduk2 ngobrol.
Kalimat awal yg beliau ucapkan adalah menawarkan ke saya seluruh bangunan rumah kandang ayam pedagingnya siap pakai, sudah termasuk sewa tanah dan seluruh peralatannya. Ditawarkan untuk diganti biaya totalnya 155 juta.
Tentu saja saya hanya tersenyum. Itu jumlah uang yg luar biasa besar. Mana mampu.
Dari hasil ngobrol dengan beliau, saya memperoleh beberapa poin mengenai beternak atau budidaya ayam pedaging berdasar populasi 6000 ekor, demikian garis besarnya ( kalau ada yg salah, mohon dikoreksi ) :
1. Modal utama peternak plasma kemitraan ayam pedaging hanya menyediakan sarana yang berupa tempat rumah kandang budidaya
Bangunan siap pakai untuk 6000 populasi membutuhkan dana total 155 juta sudah termasuk sarana, peralatan, dll yang dibutuhkan
2. Bangunan tersebut berdasar petunjuk dari PT kemitraan yang bersangkutan
3. Setelah kandang siap, pemesanan sampai DOC bibit ayam pedaging datang kira2 membutuhkan waktu satu minggu
4. DOC bibit ayam pedaging itu tidak membayar
5. Pakan juga tidak membayar
6. Pakan dan DOC bibit ayam pedaging akan diperhitungkan nanti pada saat panen
7. Harga beli pada saat panen sudah ada tercantum dalam kontrak perjanjian antara plasma peternak dengan PT kemitraan
8. Dalam waktu satu tahun mencapai 8x panen.
9. Rata2 per-panen mendapatkan hasil 12 juta
10. Hasil 12 juta dikurangi biaya karyawan ( 1 orang ), pembelian sekam, tabung gas, obat2an untuk pembersihan, dll sekitar maksimal 4 juta akan ketemu hasil bersih beternak ayam pedaging populasi 6000 ekor adalah 8 juta per-panen.
11. Berkaitan dengan poin 8, berarti hasil bersih dalam setahun 8x panen adalah 8 x 8jt = 64 juta
Kemudian saya simpulkan untuk kembali modal yang 155 juta tadi membutuhkan waktu lebih dari 2 (dua) tahun.
Demikian yang sedikit saya ketahui mengenai budidaya beternak ayam pedaging. Entah benar atau tidaknya, saya hanya mendapatkan cerita dari bapak peternak ayam.
Namun yang jelas, menurut pendapat saya, beternak ayam potong adalah usaha dengan obyek sebagai bahan makanan yang mendekati kebutuhan pokok. Hampir di semua wilayah dengan banyak selera, daging ayam menjadi lauk yang sudah mengakar di masyarakat.

6 komentar:

  1. wah.. butuh modal gede juga gimana cara awalnya kalau modalnya sedikit tapi kepengen juga punya usah peternakan ayam potong soalnya dikampung saya belum ada yang mengelolahnya denga serius kalau lahan dan kandangnya udah siap tapi bibit serta pemasarannya yang jadi masalah kedua , minta sarannya dong.

    BalasHapus
  2. kalo bibit sudah disiapkan sama mitra mas..(dengan catatan kita kemitraan, bukan mandiri). termasuk pemasaran nanti apa kata pihak mitra..biasanya saat panen langsung diangkut oleh kemitraan. jadi gak perlu bingung mengenai pemasarannya...

    BalasHapus
  3. serius ini buat ku tertarik, bagai mana SAYA BISA MENDAPAT KAN INFO LANGSUNG/ORANG YG DAPAT SAYA HUBUNGI...?

    BalasHapus
  4. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
    Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
    Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

    BalasHapus
  5. Gan, kebiasaan ayam ptong, kok biasanya setiap hari ada aja yang mati ya? apa disitu agan juga mengalami kejadian serupa?
    Salam

    Halra

    BalasHapus
  6. SELAMAT Menjalankan Ibadah Puasa di TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus